Loading

Masuk Jogjacagar


Deskripsi Singkat

Bangunan Kolonial 1800 M 1900 M (1901)

Nama Lainnya : Belum Ada

Bangunan Peninggalan Belanda untuk Fasilitas Pendidikan

Informasi Cagar Budaya

Lokasi Bangunan : Jl. Jend. Sudirman no.24 Belum Ada Kel. Cokrodiningratan Kec. Jetis Kab. Kota Yogyakarta Prov. Daerah Istimewa Yogyakarta
Koordinat -7.783287819888133 ; 110.36895716995082
SK Menteri : PM.89/PW.007/MKP/2011 2011-10-17

Lokasi Gedung TK dan SD BOPKRI Gondolayu


Koordinat Penemuan : ;
Dimensi Benda : Panjang
Lebar
Tinggi
Tebal
Diameter
Berat
Ciri Fisik Benda
Ciri Fisik Benda
Fungsi Benda
Jenis Struktur : Tradisional
Dimensi Struktur
Jenis Bangunan : Tradisional
Komponen Pelengkap :
Gambaran Umum Bentuk Bangunan
Deskripsi Fasad : Pada bagian fasad, ada empat tiang kayu penyangga kanopi. Kanopi ini juga ditopang oleh konsol besi berbentuk “S”.Bagian gavel terbuat dari kayu berbentuk segitiga. Pada bagian gavel ini terdapat hiasan rete-rete berbentuk tanda panah ke bawah. Pada bagian kemuncak (geveltoppen) terdapat hiasan kayu meruncing ke atas dengan bagian bawah berhiaskan suluran. Berdasarkan Djoko Soekiman (2014; 228) hiasan makelaar tersebut diidentifikasi sebagai bentuk pohon hayat.Pada bagian bawah dinding fasad, terdapat dinding batu ekspose. Pada bagian ata
Deskripsi Konsol : Konsol pada bagian fasad bangunan TK dan SD menggunakan konsol besi berbentuk “S”. Sedangkan pada bangunan ruang kelas konsol berbahan kayu tanpa hiasan.
Deskripsi Jendela : Mayoritas jendela di TK dan SD BOPKRI berupa jendela kayu krepyak dengan model kupu tarung ganda. Perbedaan jendela-jendela tersebut terdapat pada bagian dalam jendela. Beberapa jendela kelas berupa jendela kayu krepyak model kupu tarung ganda pada bagian luar, sedangkan pada bagian dalamnya menggunakan jendela panil kaca berukuran 0, 83 x 1,50 m dan teralis besi.Sedangkan pada dua bangunan bagian depan (ruang TU SD dan ruang TK) jendela berupa krepyak kayu dengan model kupu tarung pada bagian luar, dan teralis besi pada bagian dalam. Di bagian atas jendela ini terdapat hiasan lengkung.Salah satu jendela di Ruang Sarana Olah Raga bagian luarnya menggunakan krepyak kayu sedangkan bagian dalamnya berupa jendela dengan enam panil kaca. Pada bagian atas jendela ini terdapat pahatan “IMMANUEL”
Deskripsi Pintu : Mayoritas pintu di bangunan lama gedung ini menggunakan pintu krepyak kayu model kupu tarung.Namun, ada beberapa pintu yang berbentuk pintu kayu berpanil, seperti di ruang Sarana Olah Raga (ruang lama selatan ruang guru baru).
Deskripsi Atap : ? Atap bagian Ruang Kepsek dan TU diganti dengan sirap baru? Pada bangunan TK bagian selatan diganti dengan genteng baru, sedangkan bagian utara masih asli.
Deskripsi Lantai : Hampir seluruh lantai bangunan lama menggunakan tegel abu-abu polos, kecuali ruangan TU dan kepala sekolah yang sudah diganti keramik.
Deskripsi Kolom/Tiang : Tiang di sekolah TK dan SD BOPKRI berupa tiang kayu berpenampang persegi.Tiang pada teras ruang kelas selatan ruang TU berbahan besi silinder.Di bagian dalam ruang kelas IV. 1, terdapat satu pilar semu.
Deskripsi Ventilasi : Ventilasi di bangunan lama ini terdiri dari beberapa jenis;? Ventilasi kaca dan berbingkai kaca berbentuk persegi panjang? Ventilasi teralis besi dengan bentuk geometris menyilang. Jenis ventilasi ini biasanya berada di bagian atas jendela atau pintu.
Deskripsi Plafon : Plafon masih asli berbahan eternit dan belum ada perubahan
Jenis Ragam Hias : Pada bagian fasad, dihias oleh rete-rete dengan ujung yang meruncing. Hiasan rete-rete juga tampak pada bagian kanopi teras selasar ruang kelas dan laboratorium.
Arsitek : Tidak ditemukan data arsitek perancang bangunan
Desain : Didesain gaya indisch, dengan jendela, pintu, dan dinding tinggi. Jendela dan pintu krepyak. Hiasan berupa rete-rete dan makeelar.
Interior : Terdapat pilar semu yang terdapat di ruang kelas IV. 2. Terdapat penambahan tinggi lantai di bagian sisi depan papan tulis untuk penunjang kegiatan be
Tokoh : Tidak diketahui tokoh sejarah yang berkaitan bangunan
Peristiwa Sejarah : SD/TK BOPKRI Gondolayu pada awalnya merupakan bangunan Europesche Lagre School, yaitu sekolah yang diperuntukkan khusus bagi anak-anak Belanda. Europesche Lagre School beroperasi mulai 1 Juli 1917 - 31 Maret 1942, setelah itu bangunan diambil alih oleh Yayasan BOPKRI pada 11 Juni 1950,berdasarkan hasil rapat para guru dari sekolah-sekolah Vereniging Scholen met den Bijbel. Keputusan tersebut juga menandai hak kepemilikan atas tanah, bangunan, dll dihibahkan ke Yayasan BOPKRI.
Konteks : Bangunan TK dan SD BOPKRI merupakan salah satu bangunan sekolah yang dibangun atas dampak politik etis yang mulai digaungkan Belanda di Yogyakarta sekitar tahun 1901. pada awal mula dibangun, bangunan digunakan sebagai sekolah priyayi (Koningen Wilhelmina School), lalu menjadi sekolah khusus anak-anak Belanda (Europesche Lagere School). Pada masa pendudukan Jepang, sekolah ini berhenti beroperasi karena pelarangan dari pemerintah Jepang. Hingga akhirnya setelah masa kemerdekaan, sekitar tahun 1946 bangunan kembali digunakan sebagai bangunan sekolah. Setelah penyerahan semua tugas dan tanggung jawab pendidikan di sekolah kristen diserahkan pada Yayasan BOPKRI (tahun 1950) maka hingga kini bangunan digunakan sebagai sekolah.
Riwayat Rehabilitasi : Pada tahun 1949-1980 terjadi rehabilitasi ruang kelas baru di sisi barat lapangan.
Nama Pemilik Terakhir : Yayasan BOPKRI
Alamat Pemilik : Jalan Juwadi No. 12, Yogyakarta
Nomer Kontak : (0274) 589273
Riwayat Pengelolaan
Nama Pengelola : Yayasan BOPKRI
Alamat Pengelola : Jalan Juwadi No. 12, Yogyakarta
Nomer Kontak : (0274) 589273
Catatan Khusus : Pihak sekolah akan melakukan penambahan bangunan di bagian lapangan belakang. Namun, pihak sekolah masih belum mengetahui regulasi untuk perawatan dan pemeliharaan bangunan cagar budaya yang tepat.