Loading

Masuk Jogjacagar


Deskripsi Singkat

Situs Pasca Kemerdekaan 1945 1949 (1949)

Nama Lainnya : Belum Ada

Lokasi Pusat Universitas Gadjah Mada memiliki bangunan cagar budaya Gedung Pusat Universitas Gadjah Mada yang merupakan cikal bakal sarana pendidikan pertama dalam bentuk kompleks bangunan yang dirancang secara khusus dengan pola tata ruang simetris.
Lokasi ini merupakan tempat kegiatan pembeIajaran/pendidikan tinggi pertama kali di Indonesia yang dibangun setelah kemerdekaan pada tahun 1951, lokasi ini juga merupakan bukti sejarah perhatian pemerintah Republik lndonesia pada peletakan batu pertama universitas oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno.
Lokasi pusat Universitas Gadjah Mada memiliki struktur dan pola ruang yang memiliki kemiripan dengan konsep ruang arsitektur Jawa Kraton Kasultanan Yogyakarta.
Salah satu cirinya adalah orientasi arah dan Ietak bangunan pada garis poros imajiner dengan dua arah ke Utara dan Selatan meskipun mengalami perubahan dari rencana semula.
Awalnya. konsep pintu masuk utama dari arah utara melalui gerbang di tengah Arboretum, menuju Balairung dan Balai Senat di Gedung Pusat. Konsep tersebut memiliki kemiripan dengan fungsi Pagelaran dan Siti Hinggil Kraton. Perpustakaan seperti Dalem, pusat kehidupan, dan auditorium seperti Sasana Hinggil menghadap ke lapangan Paneasila, mirip alun-alun Selatan. Sedangkan pola ruang boulevard, pintu gerbang dan bundaran Universitas Gadjah Mada mirip seperti pola ruang memanjang dari Kraton menuju ke Panggung Krapyak. Pada perkembangannya, pembangunan Gedung Perpustakaan dan Auditorium yang dikenal sebagai Grha Sabha Pramana tidak dibangun satu periode dengan Gedung Pusat. Selain itu, jalan yang ada pada Arboretum tidak jadi dibuat.
Posisi letak dan orientasi Gedung Pusat Universitas Gadjah Mada menghadap kearah utara ke Gunung Merapi yang didasarkan falsafah Tri Hitta Karana (Parahyangan di arah utara, Pawongandi tengah, dan Palemahandi arah selatan). Namun supaya tidak terkesan membelakangi Kraton Youakarta, maka jalan utama ke gedung pusat Universitas Gadjah Mada dibuat dari arah selatan yang kemudian dikenal sebagai boulevard kampus Universitas Gadjah Mada. Di Lokasi Pusat Universitas Gadjah Mada juga ditanam pohon-pohon yang mengandung nilai filosofi. Contohnya adalah Pohon Bodi (Ficus religiosa) yang di tanam di sebelah utara Gedung Pusat Universitas Gadjah Mada. Pohon tersebut mengandung makna filosofi pencerahan yang dimaksudkan agar para pengajar di Universitas Gadjah Mada dapat memberi pencerahan ilmu kepada mahasiswa.
Sesudah upacara Dies selesai, Dewan Kurator dan Pengurus Senat dipanggil untuk membicarakan tentang pembelian tanah dan pendirian gedung universitas. Hasilnya tercantum dalam surat Wakil Presiden Republik 1ndonesia tanggal 30 Desember 1950 bahwa Universitas Gadjah Mada akan menerima uang sebesar 15,000.000,00 (lima belas juta rupiah) untuk pembelian tanah dan persiapan. Kemudian dibentuk panitia penaksiran harga tanah oleh Pemerintah Kabupaten Sleman pada tanggal 9 Juli 1951. Pada tanggal 12 Oktober 1951, sekitar 94 ha (sembilan puluh empat hektar) lahan sudah selesai pembayarannya sedangkan 6 ha (enam hektar) masih belum dapat dibeli karena pemilik lahan tidak sepakat dengan harga yang ditetapkan panitia.
Proses pembangunan kompleks kampus Universitas Gadjah Mada tidak dapat dilakukan secara serentak karena proses pembuatan gambar proyek untuk bestek dari bangunan yang bersifat besar membutuhkan waktu lama. Bagian pertama yang dibuat terlebih dahulu adalah gedung pusat untuk administrasi universitas yang saat ini dikenal sebagai Gedung Pusat Universitas Gadjah Mada. Peletakan batu pertamanya dilakukan pada tanggaI 19 Desember 1951 oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Soekamo. Pada tahun 1953, bangunan Gedung Pusat sebagai gedung tata usaha telah selesai bagian pondasinya. Bangunan gedung pusat mulai dipakai sejak tanggal 19 Januari 1958. Pada tanggal 19 Desember 1959, bangunan gedung pusat diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Soekamo. Sementara itu, pendirian gedung aula yang semula akan berada di selatan Gedung Pusat diundur karena tanah untuk gedung aula belum dapat dibeli.

Pemilik/pengelola bangunan ini menerima penghargaan Pelestari Warisan Budaya / Cagar Budaya dari Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2012.

Informasi Cagar Budaya

Lokasi Situs : Blimbingsari Kel. Caturtunggal Kec. Depok Kab. Sleman Prov. Daerah Istimewa Yogyakarta

Lokasi gedung Pusat UGM


Koordinat Penemuan : ;
Dimensi Benda : Panjang
Lebar
Tinggi
Tebal
Diameter
Berat
Ciri Fisik Benda
Ciri Fisik Benda
Fungsi Benda
Dimensi Struktur
Gambaran Umum Bentuk Bangunan
Nama Pemilik Terakhir : Universitas Gadjah Mada
Riwayat Pengelolaan
Nama Pengelola : Universitas Gadjah Mada
Catatan Khusus : Penghargaan Tahun 2012 dibanguan tahun 1948 dengan arsitek Ir. Sukarno