Bahan Pendamping | : | Besi jeruji |
Dimensi Benda | : |
Panjang Lebar Tinggi Tebal Diameter Berat |
Bahan Utama | : | Batu, Tanah, Lain-lain |
Bahan Pendamping | : | Besi jeruji |
Jenis Struktur | : | Lain-lain |
Bentuk | : | Memusat |
Panjang | : | 2,64 m |
Lebar | : | 1,7 m |
Tinggi | : | 1,85 m |
Jenis Bangunan | : | Lain-lain |
Tokoh | : | Pangeran Diponegoro |
Peristiwa Sejarah | : | Gua Selarong Kakung merupakan gua yang diperkirakan sebagai tempat untuk melakukan ritual ketika agama Hindu berkembang di Padukuhan Kembangputihan, Kalurahan Guwosari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul. Hal ini diketahui melalui pahatan berbentuk panil-panil di dinding kanan dan dinding kiri Gua Selarong Kakung, altar di sisi dinding belakang, serta penemuan beberapa yoni di sekitar gua. Meskipun demikian, diduga bahwa sudah lama gua tidak lagi digunakan sebagai tempat ritual umat agama Hindu. Gua Selarong Kakung berubah fungsinya menjadi tempat bersemadi dan salah satu bagian dari markas pertama yang digunakan Pangeran Diponegoro dalam Perang Jawa tahun 1825-1830. Sebelum Gua Selarong digunakan sebagai tempat semadi dan markas, Pangeran Diponegoro pernah mencapai Selarong setelah berkelana untuk menyucikan diri (semadi). Pengelanaannya mencakup ziarah di Gua Song Kamal (Piyungan), Parangkusumo (Kretek), perjalanan ke Sawangan/ Suwangan (Kretek), daerah rawa-rawa di muara Kali Opak (Kretek), dan daerah Lipuro (Pandak) yang berada dekat dengan pondok Sultan Hamengku Buwana II di tepi Pantai Samas. Di Lipuro Pangeran Diponegoro sempat menghabiskan malam di Selo Gilang, yakni batu hitam keramat yang diyakini sebagai bongkahan meteor. Pada Selo Gilang yang diyakini oleh masyarakat dijaga oleh roh halus bernama Kyai Jonggo, Senopati memperoleh wangsit yang memberitahukan bahwa ia akan menjadi raja di tanah Jawa. Dari pengelanaannya, Diponegoro memperoleh berbagai penampakan dan suara gaib (wangsit) yang memerintahkan Diponegoro untuk menjaga dan melindungi ayahnya supaya penobatannya sebagai Sultan Hamengku Buwana III dapat berjalan lancar. Dalam wangsit tersebut Diponegoro juga memperoleh peringatan keras untuk menolak gelar putera mahkota sebab akan mengakibatkan krisis politik sehubungan dengan akan datangnya pemimpin baru dari Belanda. Petunjuk dalam wangsit ini dijalankan oleh Diponegoro sebaik-sebaiknya. Dalam empat setengah tahun sampai dengan serangan Inggris ke Yogya pada 20 Juni 1812 Diponegoro menjalankan peran sesuai dengan petunjuk yang diperolehnya ketika bersemadi di Parangkusumo. Peran tersebut ialah sebagai mediator di antara ayahnya, Hamengku Buwono III dengan kakeknya, Hamengku Buwono II serta negosiator antara pihak Hamengku Buwono III dengan Inggris. Karena peran inilah ayah Diponegoro kemudian diangkat sebagai Sultan Hamengku Buwana III pada 21 Juni 1812. Meskipun demikian Diponegoro menolak untuk diangkat menjadi putra mahkota oleh Inggris. Diponegoro kemudian meyakinkan Inggris bahwa adiknya (calon Sultan Hamengku Buwana IV) lebih pantas menjadi pewaris takhta karena ibundanya berasal dari lapisan sosial yang lebih tinggi. Sebagai gantinya, Diponegoro yang memiliki nama kecil/ nama timur Raden Ontowiryo diberi gelar kepangeranan ‘Bendoro Pangeran Ario Diponegoro’ serta tanah jabatan seluas 500 cacah. Ukuran satu cacah dapat dipersamakan dengan satu bahu atau 7.006 m. Di tanah lungguhnya ini Pangeran Diponegoro membuat tempat semadi pribadi, tepatnya di Gua Selarong yang dulunya bernama Gua Secang. Penamaan ‘Selarong’ ini disebabkan keletakan gua yang berada di Tanah Selarong, sehingga kemudian lebih dikenal dengan nama Gua Selarong. Berdasarkan keterangan dari laporan yang dibuat oleh Residen Yogyakarta, A.H. Smissaert pada 1823 dan dikutip oleh Peter Carey dalam bukunya yang berjudul “Takdir: Riwayat Pangeran Diponegoro 1785-1855”, di depan gua ini Pangeran Diponegoro menempatkan dua buah yoni yang telah dibalikkan. Selain itu terdapat pula sebuah yoni di dasar air terjun yang berada di sebelah barat gua. Dalam laporan Brumund J.F.G, berjudul “Bezoek in de verhallen dalem van Diponegoro te Tegal Rejo” (Sebuah kunjungan ke puing-puing dalemnya Diponegoro di Tegalrejo) yang juga dikutip oleh Peter Carey, disebutkan pula bahwa Pangeran Diponegoro mengumpulkan yoni dan arca-arca Hindu untuk ditempatkan di Selorejo, Tegalrejo. Yoni dibuat sebagai tempat bersila dan dirujuk sebagai sela gilang atau batu yang memancarkan cahaya. Di atas yoni-yoni inilah Pangeran Diponegoro bersembahyang menghadap Mekkah. Oleh Peter Carey disebutkan bahwa Pangeran Diponegoro menata area di sekitar Gua Selarong menjadi kebun sayur dan buah serta kolam untuk memelihara ikan wader. Di area sekeliling gua juga dibangun tembok setinggi manusia. Kebun, kolam, dan tembok tersebut merupakan fasilitas Gua Selarong untuk mendukung fungsinya sebagai tempat semedi serta tempat mengaji dengan kyai setiap hari Kamis dan Jumat, terutama di bulan puasa. Peter Carey dalam kutipannya dari Babad Dipanegara II: 120-2, memberikan gambaran mengenai aktivitas yang dilangsungkan di Goa Selarong Kakung: 7. […] Sekarang akan kami ceritakan bagaimana di tahun Dal di bulan Ramadhan pada tanggal dua puluh satu, 8. Kanjeng Pangeran sedang berada di sebuah gua namanya gua Secang. Setiap bulan Ramelan begitu kebiasaan Kanjeng Pangeran berkanjang dalam doa di dalam gua tanpa pulang ke rumah [di Tegalrejo]. Demikian niatnya, Pangeran sedang duduk di sela gilang [sebuah batu yang bercahaya disebut] Ambarmoyo. 9. Inilah kelangenan Pangeran. Bagian dalam gua ia anggap seperti rumah sendiri: [ada] palung untuk mandi [dan] di dekatnya ada kolam [yang terbentuk dari] air yang menetes [dari batu] yang dibuat seperti sumur: Ada satu pohon widoro yang dipagar keliling. Juga ada tempat pertemuan punya pintu masuk besar dengan tangga yang terbuat dari batang palem gebang. Mata Pangeran sedang setengah terpejam seolah tidur, kemudian ada... (Takdir, hlm. 278) Selama berada di Selarong, Pangeran Diponegoro juga disebutkan tinggal di pesanggrahan yang berada di dekat Masjid Kembangputihan. Masjid Kembangputihan yang saat ini masih berdiri diperkirakan merupakan masjid yang dulu digunakan sebagai tempat mengaji Pangeran dengan para kyai sebab di sebelah barat terdapat makam-makam kuno. Pada saat itu wilayah Kembangputihan digambarkan sudah seperti kota, tempat yang sejahtera, ada pasar yang besar di mana setiap orang yang berdagang tidak pernah rugi, tetapi juga tidak ada barang yang dijual dengan harga mahal. Di Selarong inilah Pangeron Diponegoro disebutkan telah bertemu dengan Kyai Mojo dan Kyai Kwaron yang kemudian menjadi penasehat agamanya. Kedua tokoh tersebut berperanan penting supaya dalam menjalankan perang Pangeran Diponegoro tidak menyimpang dari ajaran Al Quran. Disebutkan pula bahwa selama berada di Selarong Pangeran Diponegoro sempat menikah dengan seorang putri ulama Kyai Guru Kasong. Berdasarkan Babad Diponegoro, pesanggrahan di Kembangputihan juga menjadi tempat tinggal Pangeran Diponegoro dan keluarga selama Perang Jawa meletus. Hal ini terjadi setelah Tegalrejo diserang. Pangeran Diponegoro beserta keluarganya mengungsi ke arah barat, melalui Sungai Suko, dan pada pagi harinya sampai di Selarong. Selarong kemudian menjadi markas Pangeran Diponegoro yang pertama sebelum bergerilya dalam Perang Jawa (1825-1830). |
Konteks | : | Agama Hindu berkembang di Tanah Jawa pada abad ke-5 Masehi. Hal ini diketahui melalui Prasasti Ciareteun yang ditemukan di Bogor, Jawa Barat. Meskipun demikian perkembangan agama Hindu Buddha baru tercatat di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta pada abad ke-7 Masehi melalui Prasasti Dakawu/ Tukmas. Prasasti ini ditemukan di Grabag, Magelang. Di dalamnya tertulis mengenai mata air suci yang mengalirkan air layaknya Sungai Gangga. Perkembangan agama Hindu selanjutnya diketahui melalui Prasasti Canggal (732 Masehi). Prasasti ini berisi keterangan mengenai kerajaan yang diperintah oleh seorang raja bernama Sanjaya. Dituliskan bahwa Sanjaya mendirikan lingga untuk Siwa di atas Gunung Wukir (Muntilan, Magelang) untuk kepentingan keagamaan. Kerajaan Hindu yang diperintah Sanjaya tumbuh menjadi kerajaan yang besar. Raja-raja penerus Sanjaya dituliskan mendirikan bangunan-bangunan keagamaan besar, salah satunya ialah Candi Prambanan yang diperkirakan dibangun pada abad ke-9 Masehi sebagaimana tertulis pada Prasasti Siwagrha (856 Masehi). Dalam agama Hindu, candi diyakini sebagai rumah dewa, yakni tempat bertemunya dewa dengan pemujanya melalui perwujudan arca. Candi juga merupakan penggambaran dari Gunung Meru yang diyakini sebagai tempat tinggal para dewa. Konsep tempat tinggal para dewa juga terdapat pada tempat-tempat yang tinggi. Oleh karenanya banyak ditemukan bekas wihara maupun gua pertapaan pada bukit dan gunung. Gua pertapaan dibuat dengan memanfaatkan bentukan alam yang sudah ada atau dengan menciptakan ruang baru dengan memangkas batu alam seperti Gua Sentana di Jogotirto, Berbah, Sleman, dan gua di Situs Ratu Boko. |
Nilai Sejarah | : | Merupakan informasi tentang kehidupan masa lalu bahwa di Padukuhan Kembangputihan, Kalurahan Guwosari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul sudah ada masyarakat yang menganut agama Hindu dalam tatanan kehidupan yang terstruktur. Selain itu Gua Selarong menjadi tempat Pangeran Diponegoro bersemadi dan membentuk kesatuan-kesatuan militer, serta mengatur siasat perang untuk menghadapi pasukan Belanda dalam Perang Diponegoro (1825-1830). |
Nilai Ilmu Pengetahuan | : | Mempunyai potensi untuk diteliti dan dipelajari oleh disiplin arkeologi, sejarah, arsitektur, antropologi, geologi, geografi, dan biologi. |
Nilai Agama | : | Menunjukkan adanya struktur yang masih terkait dengan aktivitas keagamaan atau religi agama Hindu pada abad ke-8 hingga abad ke-10 Masehi. |
Nilai Budaya | : | Memiliki nilai budaya bagi penguatan kepribadian bangsa, serta untuk memperkuat jati diri bangsa. yakni sebagai karya unggul yang mencerminkan puncak pencapaian budaya dan benda yang mencerminkan jati diri bangsa dan daerah yakni kebudayaan Hindu di Jawa pada abad ke-8 hingga abad ke-10 Masehi, serta terkait dengan peristiwa penting berskala nasional yaitu Perang Jawa (1825-1830) yang menjadi ingatan bersama atau memori kolektif. |
Nama Pemilik Terakhir | : | Status tanah Sultan Ground |
Nama Pengelola | : | Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul |
Catatan Khusus | : | Koordinat pada NR: 49 M X : 0424460 Y : 9130911 Elevasi: 108 Mdpl |