Loading

Masuk Jogjacagar


Deskripsi Singkat

Situs

Nama Lainnya : -

Lokasi Makam Ratu Malang - Plered merupakan lokasi kompleks permakaman istri Sunan Amangkurat I, lokasi ini sebagai salah satu komponen kerajaan Mataram Islam Abad XVII (periode Sunan Amangkurat I pada masa pemerintahan tahun 1646-1677). Saat ini lokasi makam tersebut merupakan bagian dari Dusun Gunungkelir, Desa Pleret, Kecamatan Pleret.
Lokasi Makam Ratu Malang berada di wilayah yang ditandai dengan toponimi Gunung Kelir (nama ini dikenal pula dengan sebutan Gunung Geber Wayang) yang terletak di puncak Gunung Sentono dengan ketinggian 99 mdpl. Material komponen
makam adalah balok-balok batu putih (batu kapur). Lokasi ini berupa bukit yang difungsikan sebagai tegalan, tidak terdapat hunian tetapi memiliki beberapa tinggalan arkeologis.
Berdasarkan Babad ing Sangkala dan Babad Momana, permakaman ini didirikan pada tahun 1571 J (1649 M). Terdapat dua struktur yaitu kompleks makam dan sendang. Tidak ditemukan sisa yang menunjukkan adanya bangunan beratap
pada lokasi ini. Tokoh utama yang dimakamkan di tempat ini selain Ratu Malang, menurut keterangan penduduk setempat adalah mantan suaminya (sebelum Ratu Malang menjadi istri Sunan Amangkurat I) yang bemama Ki Dalang Panjang Mas (dikenal pula dengan nama: “ Ki Panjangmas” atau “Kiai Dalem”).
Kedua makam tokoh tersebut beserta 22 (dua puluh dua) makam lainnya berada di satu dataran, dikelilingi tembok dengan bagian paling utuh setinggi 2 m dan tebal 58 cm. Di lokasi ini terdapat balok batu andesit yang memiliki dua tonjolan pada kedua ujungnya yang menurut folklore setempat merupakan kotak wayang milik tokoh Ki Dalang Panjang Mas tersebut. Di belakang makam terdapat Sendang Moyo yaitu dua kolam yang berfungsi untuk menampung air hujan. Kolam ini memiliki ukuran
3,5 m x 5 m dan dikelilingi tembok setinggi 3 m dengan ketebalan tembok 210 cm. Selain itu, terdapat kolam lainnya memiliki ukuran 6 m x 6 m dan berada di luar tembok Sendang Moyo, Dorpel ( architrave/ lintel; balok bagian atas pada ambang pintu   gerbang);   makam   kuno   yang   berkaitan dengan tokoh-tokoh kerajaan Mataram Islam di Plered.

Informasi Cagar Budaya

Lokasi Situs : Makam Ratu Malang - Plered Kel. Pleret Kec. Pleret Kab. Bantul Prov. Daerah Istimewa Yogyakarta
SK Gubernur : Keputusan Gubernur DIY Nomor 1

Lokasi Situs Makam Ratu Malang - Plered


Koordinat Penemuan : ;
Dimensi Benda : Panjang
Lebar
Tinggi
Tebal
Diameter
Berat
Ciri Fisik Benda
Ciri Fisik Benda
Fungsi Benda
Dimensi Struktur
Gambaran Umum Bentuk Bangunan
Peristiwa Sejarah : Lokasi Makam Ratu Malang - Plered disebut juga sebagai Makam Ratu Malang merupakan sebuah kompleks makam salah satu istri Sunan Amangkurat I. Menurut Babad Momana pada tahun 1588 J (1655 M) Ratu Malang meninggal dan dimakam kan di Gunung Kelir. Tiga tahun kemudian (1668 M) kompleks yang dinamai Antaka pura ini selesai dibangun.Tokoh Ratu Malang ini tercatat dalam beberapa babad dan sumber-sumber tertulis Belanda sebagai salah satu istri Sunan Amangkurat I. Menurut beberapa sumber tertulis tersebut kematian tokoh ini dengan berbagai macam spekulasi penyebabnya memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap kebijakan-kebijakan Sunan Amangkurat I selanjutnya. Menurut sumber-sumber tertulis, peristiwa ini      merang kai peristiwa-peristiwa berikutnya yang berupa hukuman-hukuman eksekusi oleh perintah raja terkait kematian Ratu Malang ini.
Nama Pemilik Terakhir : Kasultanan Yogyakarta
Riwayat Pengelolaan
Nama Pengelola : Kasultanan Yogyakarta