Jembatan Duwet termasuk dalam tipe jembatan gantung sederhana. Framework jembatan menggantung pada dua kabel utama (main suspension cable) dengan kabel penghubung (vertical suspender) yang menghubungkan antara kabel utama dengan dasar gelagar. Masing-masing sisi jembatan terdapat 32 kabel penghubung. Panjang jembatan 55 m dan lebar 2,5 m. Gelagar berupa balok-balok kayu masing-masing berukuran 20 x 15 cm, dengan jumlah 264 balok. Pada ujung barat sisi utara jembatan terdapat inskripsi yang bertuliskan: “Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Penghargaan Pelestari Warisan Budaya Tahun 2008 diberikan kepada Pemerintah Desa Baniarharjo, Kec. Kalibawang Kulon Progo untuk Jembatan Duwet, Duwet Banjarharjo, Kalibawang Kulon Progo kategori non gedung. Yogyakarta, 12 Nopember 2008, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Hamengku buwono X”. Pada ujung barat sisi selatan jembatan terdapat inskripsi yang bertuliskan: “Bangunan Djembt Duwet 25 Juni 1960”.
| Bahan Utama | : | Logam |
| Bahan Pendamping | : | Kayu |
| Keterawatan | : | Utuh dan Terawat,Utuh / |
| Dimensi Benda | : |
Panjang 5.500 cm Lebar 250 cm Tinggi - Tebal - Diameter - Berat - |
| Warna | : | Abu-abu |
| Warna | : | Abu-abu |
| Fungsi Dulu | : | Jembatan penyebrangan |
| Fungsi Sekarang | : | Jembatan penyebrangan |
| Bahan Pendamping | : | Kayu |
| Tokoh | : | - |
| Peristiwa Sejarah | : | Jembatan Duwet pernah hancur pada tahun 1948. Jembatan tersebut dihancurkan oleh pejuang Indonesia untuk menghambat perjalanan tentara Belanda masuk ke wilayah Yogyakarta. Setelah dihancurkan, bagian yang tersisa hanya tower pada ujung timur dan barat. Jembatan Duwet direkonstruksi kembali pada tahun 1959, masa Sri Sultan Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Peresmian rekonstruksi ditandai dengan inskripsi “Bangunan Djembt Duwet 25 Juni 1960”. Rehabilitasi fisik dilakukan pada Jembatan Duwet pada tahun 2015. Rehabilitasi meliputi penggantian mur-baut, pengecatan jembatan, penggantian lantai kayu, pemasangan tambatan angin dan pemasangan wire mesh sebagai pengamanan. Tahun 2016 dibangun tebing (talud) pada sisi barat sepanjang 30 m guna penguatan konstruksi jembatan. |
| Konteks | : | - |
| Riwayat Penemuan | : | - |
| Riwayat Pengelolaan | : | - |
| Riwayat Pelestarian | : | - |
| Riwayat Pemugaran | : | - |
| Riwayat Pemanfaatan | : | - |
| Riwayat Penelitian | : | - |
| Riwayat Rehabilitasi | : | - |
| Riwayat Perlindungan | : | - |
| Nilai Sejarah | : | Bukti perkembangan sejarah ekonomi dan perjuangan revolusi fisik. |
| Nilai Ilmu Pengetahuan | : | Sebagai contoh konstruksi jembatan gantung sederhana. |
| Nilai Agama | : | - |
| Nilai Pendidikan | : | - |
| Nilai Budaya | : | - |
| Nilai Ekonomi | : | - |
| Nama Pemilik Terakhir | : | Dinas Kebudayaan Kulonprogo |
| Riwayat Kepemilikan | : | - |
| Nama Pengelola | : | Dinas Kebudayaan Kulonprogo |
| Persepsi Masyarakat | : | - |
| Catatan Khusus | : | - |